PANDEGLANG-Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Pandeglang Nomor. W27-A2/927/OT.00/6/2020, tanggal 3 Juni 2020,  Tentang Penunjukan Tim Pemusnahan Arsip Perkara.Tim  yang ditunjuk, diketuai  oleh Panitera (Hidayat, S.H.)  melakukan eksekusi pembakaran arsip perkara,  hari Selasa siang  07 Juli 2020, tepatnya  pukul 14.00 WIB. di halaman  Kantor Pengadilan Agama Pandeglang;

Pembakaran  dipantau langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pandeglang Nahruddin, S.Ag selaku Pengarah Tim didampingi, Wakil Ketua Nihayatul Istiqomah, S.HI.,M.H. selaku Penanggung jawab Tim disaksikan pula oleh Panitera Muda Gugatan, Kasubbag Umum dan Keuangan, para Panitera Pengganti dan Anggota Tim Pemusnahan.

Pemusnahan/pembakaran  berkas perkara diantaranya Blanko Akte Cerai, Register Keuangan Perkara Surat-surat Keperkaraan, BAP (Berita Acara Persidangan),Putusan, dan berkas lainya yang berkaitan dengan keperkaraan.

 

Sebelum pembakaran di lakukan tentunya berkas pun disortis seteliti mungkin agar tidak keliru mana berkas asli yang masih terpakai atau tidak, hampir yang dibakar atau dimusnahkan yaitu berkas yang tidak terpakai atau sudah rusak dimulai dari berkas tahun 90an kebawah.

“Tujuan pemusnahan/Pembakaran selain penertiban atau penataan kearsipan yang teratur juga bertujuan untuk mencegah dari penyalagunaan pemalsuan atau tindakan melawan hukum lainya karna berkas ini bersifat penting dan sangat rahasia maka segera dilakukan,  khawatir jika blanko tercecer atau berpindah tangan kepada orang yang tidak bertanggungjawab, atau bisa jadi disalahgunakan menjadi akta cerai palsu yang kemudian berakibat fatal” tegasnya Ketua  disaat pembakaran berlansung.

Pemusnahan berkas kepaniteraan berjalan dengan tertib dan aman ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh Tim Pemusnahan dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Agama Pandeglang dan disaksikan oleh para Tim dan saksi(Hd)