PENGAWASAN-Assesment Eksternal Surveillance Akreditasi Penjamin Mutu (APM)Tahun 2019 pelaksanaan dilakukan pada hari Rabu, 06 November 2019 bertempat di  Pengadilan Agama Pandeglang. oleh tim Telusur Dokumen dan Observasi sesuai surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten Nomor W27-A/1899/OT.01.3/X/2019 tanggal 31 Oktober 2019. Tim terdiri dari H.Rifki, S.H.,M.Hum., Ratna Sari Fitriyani, S.H.,M.H., Mila Novita, S.E., Joko Wiranta, S.H.,M.H., dan Ade Surawan, S.Kom. Kegiatan tersebut dalam rangka memenuhi salah syarat kegiatan Assesment Surveillance Akreditasi Penjamin Mutu (APM)

Tim melaksanakan Penelusuran dokumen dan Observasi sesuai tugasnya masing-masing, dari mulai pendaftaran, kesekretariatan dan kepaniteraan ditemui oleh Tim IT PA Pandeglang salah satu Tim PTA Banten yaitu H. Rifki, S.H.,M.Hum saat Mewawancarai Ketua PA Pandeglang Nahruddin,S.Ag, ditempat Kerjanya. Menurut Wakil Panitera PTA Banten (H. Rifki) menyampaikan bahwa dalam pertemuan langsung dengan Ketua PA Pandeglang tersebut yaitu bertujuan ingin menanyakan beberapa hal kurang lebih Sembilan pertanyaan yang berkaitan dengan pelayanan baik secara administrasi maupun persidangan dalam memutus perkara  tentunya hal ini bertujuan agar terciptanya transparansi, jujur, dan akuntabel baik dari pimpinan sampai bawahan supaya terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan hukum seperti nepotisme, korupsi dan penyalagunaan wewenang jabatan.

Masih dalam kesempatan yang sama Rifi selaku ketua Tim, menambahkan bahwa setelah melakukan wawancara lansung hasilnya PA pandeglang sudah benar menjalankan aturan baik dalam administrasi maupun pelayanan telah sesuai dengan prosedur hokum jauh dari penyimpangan-penyimpangan.(Hd)