PANDEGLANG-Pembinaan dan Pengawasan oleh Tim PTA Banten dikordinatori oleh Drs. H.A.Tatang, M.H.  Tim terdiri dari Drs. Noor Achyad Hw, S.H.,M.H., Dra. Murniati, Ratna Sari Fitriyani, S.H.,M.H. dan Mochamad Gilang Nugraha kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu Kamis, 02 Mei 2019 s.d Jum’at, 03 Mei 2019. Sesuai dengan surat tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten nomor W27-A/764/PS.00/IV/2019 Tanggal 29 April 2019. Adapun Objek Pembinaan dan Pengawasan dimaksud meliputi Manajemen Peradilan, Pelayanan Publik, Manajemen Persidangan, Administrasi  Kepaniteraan dan Administrasi Kesekretariatan. Setelah Pembinaan dan Pengawasan selama dua hari kemudian hasil desampaikan (ekspos) secara transparan singkat bertempat diruang utama Pengadilan Agama Pandeglang Jum’at, (03/05/2019).

Ketua Tim (A. Tatang) menyampaikan bahwa sebagaian Surat Keputusan (SK) belum dilengkapi data dukungnya dan belum terealisasikan sepenuhnya mungkin sarana dan prasarana di tempat ini belum memadai, tapi kami berharap kedepannya bisa lebih bisa, baik bangunan maupun lahannya sehingga bisa sepenuhnya teralisai dan lengkap. Dalam kesempatan yang sama Anggota Tim PTA Banten Noor Achyad menyampaikan beberapa hal hasil pengawasanya diantaranya keseragaman berkas putusan harus sesuai prosedur administrasi persidangan, Pembuatan BAS (Berita Acara Sidang) harus tertib, penomoran sesuai tahap persidangan maupun data pendukungnya tersusun rapih dan lengkap, Hakim Tinggi PTA Banten yang baru pertama kali melakukan Pengawasan ini menegaskan Bahwa Pengawasan ini semata ingin mengetahui kinerja PA Pandeglang dan apabila ada kesalahan harus disadari dan diperbaiki bukan hanya itu bahwa putusan itu mahkotanya Hakim maka itu sangat penting seorang Hakim harus banyak baca referensi lain dan mengonsep putusan.

A.Tatang menambahkan kembali hasil temuan pengawasan kali ini akan segera kami kirimkan untuk diketahui dan di perbaiki atas apa-apa yang menjadi temuan, hal tersebut disambut baik olek Ketua PA Pandeglang Nahruddin, S.Ag bahwa apa yang jadi temuan kali ini akan kami segera tindaklanjuti dan kedepannya akan berupaya sebaik mungkin agar dikemudian hari tidak terjadi lagi tegasnya saat memandu acara ekspos.(Hd)