PANDEGLANG- Bertempat di Aula Polres Pandeglang, pengadilan Agama Pandeglang bekerjasama dengan Polres Pandeglang melaksanakan sidang Itsbat terpadu yang dilaksanakan pada tanggal Selasa, 19 Desember 2017. Acara tersebut diprakarsai oleh Cabang Bhayangkari Pandeglang dengan dengan tema Bakti sosial Bhayangkari dalam rangka ikut serta mewujudkan keluarga harmonis sejahtera dan berkualitas dilingkungan pengurus cabang Bhayangkari Pandeglang.

Sidang Itsbat pertama kalinya di laksanakan di Kantor Polres pandeglang yang sebelumnya juga melaksanakan sidang Perkara Itsbat Nikah yang diajukan oleh P2TP2A Provinsi Banten dilaksanakan di Kantor PA Pandeglang pada tanggal 15 Desember 2017 Pada Pelaksanaan sidang itsbat kali ini diikuti sebanyak 75 perkara yang didaftar dari beberapa kecamatan yang berada di kabupaten pandeglang seperti Kecamatan majasari, Kecamatan Karangtanjug, Kecamatan Cigeulis dll.  peserta itsbat pun bervariasi dari pasangan muda sampai yang tua:

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Pandeglang Drs. Asnawi, SH, MH Mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pandeglang AKBP  Indra Lutrianto, SH,MSi. dan Ibu Ketua Bhayangkari Ina Indra Lutianto yang telah yang telah memprakasai sekaligus menfasilitasi kegiatan sidang itsbat tersebut, dan berharap kerjasama ini akan dapat berjalan dengan baik di tahun-tahun berikutnya.

selanjutnya Ketua menghimbau kepada para pemohon itsbat nikah agar menyampaikan kepada anak-anaknya, saudara-saudaranya dan tetangga-tetangganya supaya menikah secara prosedural yaitu dicatatkan di KUA setempat agar mempunyai legilitas hukum dan tidak menyulitkan dikemudian hari.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto, SH,MSi, memberikan sambutan senada dengan Ketua PA Pandeglang bahwa kita ini hidup di Negara hukum maka, harus tunduk terhadap hukum yang berlaku. seperti pernikahan meskipun secara hukum dan Agama sudah sah, namun harus dicatatkan oleh pejabat pencatat nikah sehingga mempunyai buku nikah. Karena buku nikah ini sangat berguna sekali seperti untuk bikin paspor, membuat akta kelahiran, meminjam kredit di Bank dll.

 

Lebih lanjut Kapolres juga memambahkan mengucapkan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada PA Pandeglang yang telah bekerjasama dengan Polres Pandeglang. Sebelum penutupan acara, deserah terimakan secara simbolis berwujud salinan penetapan PA Pandeglang dan buku nikah kepada 5 pasangan pemohon itsbat nikah dari ketua PA Pandeglang, Kapolres Pandeglang, Kepala KUA Kecamatan Pandeglang dan Ibu Ketua pengurus cabang Bhayangkari Pandeglang.(Asn/PA.Pdlg)