PANDEGLANG- (Tim-IT). Wakil Ketua Pengadilan Agama (Drs. H. Sobirin, MH) beserta Puluhan Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama dari berbagai daerah mengikuti pemaknaan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), Program ini merupakan Pilot Project pelatihan untuk pimpinan Pengadilan di tahun 2018 di Bogor Jawa Barat. Senin, (13/11).

Dalam pembukaan pelatihan tersebut, Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim Komisi Yudisial (KY) Joko Sasmito Menyatakan, “ bahwa meski materi pelatihan yang diberikan adalah materi-materi untuk para hakim dengan masa kerja 8 sampai dengan 15 tahun, tetapi pelatihan ini adalah pilot Project pelatihan untuk pimpinan selanjutnya di Tahun 2018” ungkapnya.

Program ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan komisi Yudisial dalam rangka kehormatan, keluhuran martabat dan prilaku hakim. hakim khususnya para pimpinan pengadilan diharapkan mampu untuk memenuhi dan mengimplementasikan KEPPH dalam Kehidupan Sehari-hari.

Lebih lanjut Sasmito, Berharap kepada 37 Hakim Peserta dari 4 Lingkungan Peradilan (Pengadilan Umum, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer) agar mampu mentransfer ilmu atau materi yang didapat selama pelatihan dilingkungan tempat kerja masing-masing. pada akhirnya, pelanggaran kode etik yang dilakukan Hakim pun akan semakin menurun.